Blog Competition 2019 #2019GANTIBIMBEL

Budidaya Udang


Udang dapat hidup pada suhu air berkisar antara 26 hingga 30 derajat C dan usahakan airnya berupa air payau yang memiliki salinitas air mencapai 33 ppt.

Cara budidaya udang adalah sebagai berikut:
  • ·         Pemilihan Jenis Kolam

Sebelum kolam digunakan, lakukan terlebih dahulu pembajakan dasar kolam, penjemuran, pengapuran, pemupukan, dan penggenangan air. Persiapan ini biasanya membutuhkan waktu 1-2 minggu bergantung pada cuaca saat penjemuran kolam. Gunakan pemberian pupuk organik seperti menggunakan pupuk kandang yang kering dengan tebal 5 hingga 10 cm untuk pengembalian kadar kesuburan tanah setelah anda biarkan selama 3 hari dan masukan air kedalam kolam.

  • ·         Pemilihan Jenis Pakan

Budidaya udang tidak terlalu sulit karena udang juga termasuk hewan pemakan segala atau Omnivora seperti dedaunan, lumut, cacing, serangga, dan lainnya. Kamu juga bisa memberikan pakan utama berupa pellet dengan kadar protein sebesar 25%. Pakan diberikan sebanyak 5-6 kali sehari. Jarak pemberian pakan sekitar 2-3 jam.

  • ·         Pemilihan Calon Indukan

Bibit udang tersebut adalah bibit yang baik. Setelah melakukan penyeleksian bibit maka anda bisa langsung menebar bibit namun masukan kedalam plastik berisi air selama 30 menit sebelumnya untuk menyesuaikan suhu air kolam dengan suhu didalam wadah bibit tersebut agar mudah menyesuaikan dengan suhu air kolam tersebut.

  • ·         Pemeliharaan Bibit

Proses ini nantinya akan dilakukan di dalam kolam khusus. Kolam tersebut harus dilengkapi dengan kakaban, yakni tempat untuk menempelkan telur hasil pembuahannya. Telur akan menetas pada hari ke 2-3 setelah pemijahan. Usahakan telur menetas pada air yang bersih dan suhu air stabil antara 27-28 derajat Celsius. Panen dari udang yang di besarkan di tambak biasanya memakan waktu 4 hingga 7 bulan pada panen perdana atau panen yang pertama