Blog Competition 2019 #2019GANTIBIMBEL

Budidaya Ikan Mas


Ikan mas tinggal di perairan seperti sungai, waduk/danau yang berada di ketinggian sekitar 150-600 mdpl dengan kondisi suhu air sekitar 20-25 Celcius. Saat ini, budidaya ikan mas juga bisa dilakukan di beberapa jenis kolam, mulai dari kolam beton, kantong jaring apung, kolam tanah, dan kolam air deras.
Cara budidaya ikan mas adalah sebagai berikut:
  • ·         Pemilihan Jenis Kolam

Sebelum kolam digunakan, lakukan terlebih dahulu pembajakan dasar kolam, penjemuran, pengapuran, pemupukan, dan penggenangan air. Persiapan ini biasanya membutuhkan waktu 1-2 minggu bergantung pada cuaca saat penjemuran kolam. Kolam mini juga biasanya tidak memerlukan ruang yang luas. Kedalaman kolam mini juga dibuat lebih dalam, lalu dinding kolam terbuat dari tembok guna mencegah erosi akibat kikisan air. Pilih benih ikan mas yang berukuran 100 gram per ekor untuk kapasitas kolam tanah budidaya ikan mas sebesar 1-2 ekor/ meter persegi.

  • ·         Pemilihan Jenis Pakan

Budidaya ikan mas tidak terlalu sulit karena ikan mas juga termasuk hewan pemakan segala atau Omnivora seperti dedaunan, lumut, cacing, serangga, dan lainnya. Kamu juga bisa memberikan pakan utama berupa pellet dengan kadar protein sebesar 25%. Dosis pemberian pakan dilakukan sebanyak 3-4% dari bobot ikan tersebut. Sehingga kalau dihitung untuk bobot ikan 100 gram, maka kamu harus memberikan makan 3-4 gram pellet per ekor dalam satu hari.

  • ·         Pemilihan Calon Indukan

Calon indukan ikan mas akan dipelihara dalam kolam pembibitan dan terpisah dengan indukan jantan dan betina. Pemisahan ini dilakukan hingga indukan ini siap memijah atau proses perkawinan ikan mas.

  • ·         Pemeliharaan Bibit

Proses ini nantinya akan dilakukan di dalam kolam khusus. Kolam tersebut harus dilengkapi dengan kakaban, yakni tempat untuk menempelkan telur hasil pembuahannya. Lama proses pembesaran ikan mas ini berlangsung sekitar 2-3 bulan. Pembesaran ikan berada pada kisaran 300-400 gr/ekor. Jika bobot ikanmu masih berada di bawah itu, berarti ikan tersebut masih bisa dibudidayakan.