Blog Competition 2019 #2019GANTIBIMBEL

Budidaya Domba

Cara budidaya domba adalah sebagai berikut:
  • ·         Pemilihan Jenis Kandang

Kandang dari potongan kayu atau bahan bambu. Untuk ukuran kandang harus disesuaikan dengan jumlah domba. Jangan sampai kandang terlalu sempit sehingga domba tidak leluasa bergerak bebas.

  • ·         Pemilihan Jenis Pakan

Budidaya domba tidak terlalu sulit karena domba makan rumput segar atau daun yang masih hijau. Sesekali domba juga dikasih makanan berfermentasi seperti ampas tahu. Keuntungan budidaya domba adalah dapat memakan rumput pendek.

  • ·         Pemilihan Calon Indukan

Membeli bibit domba berupa indukan betina dan jantan yang unggul harga satu paket sebesar Rp 5 juta. Adapun ciri-ciri induk domba yang unggul adalah mempunyai bentuk dan ukuran badan yang proporsional, memiliki jumlah gigi yang lengkap dan rata, bagian dada lebar, jinak, mempunyai tumit yang cukup tinggi, kakinya lurus.

  • ·         Pemeliharaan Bibit

Saat induk domba sedang hamil, pastikan berada di tempat yang luas dan terpisah karena induk domba akan stress. Anak domba tidak terlalu jauh dari induk sampai berumur 5 bulan. Setelah berumur 5 bulan, anak domba bisa dipisah dari induknya. Panen domba dilakukan saat domba mencapai 20 – 25 kilogram.